Senin, 20 Maret 2017

Khasiat Propolis Telah Teruji Secara Klinik

By : Rianti Fajar

Khasiat Propolis Telah Teruji Secara Klinis

Khasiat propolis yang dihasilkan oleh lebah telah terbukti secara klinis. (Pixabay/Pieterz)

Lebah memang sudah sejak lama dipercaya dapat menghasilkan produk yang memiliki khasiat bagi kesehatan. Selain madu, lebah juga menghasilkan propolis yang banyak digunakan untuk mengobati beberapa penyakit. Manfaat propolis yang paling populer adalah mampu menyembuhkan luka. Ternyata manfaat tersebut bukan sekadar isapan jempol belaka. Manfaat propolis untuk kesehatan manusia, telah teruji secara klinis.

Propolis merupakan zat resin yang dikumpulkan oleh lebah untuk melindungi tubuhnya dari berbagai gangguan dari luar. Peneliti dari Fakultas Teknologi Universitas Indonesia, telah berhasil membuktikan manfaat dari propolis. “Propolis terbukti anti bakteri, anti oksidan, dan anti inflamasi, sehingga dapat mengobati berbagai penyakit akibat bakteri dan virus, serta mampu menyeimbangkan daya tahan tubuh”, ucap Muhammad Sahlan, Peneliti Fakultas Teknik UI.

Alam Indonesia yang begitu beragam dan bebas pestisida, menghasilkan propolis yang jauh lebih baik dibandingkan propolis yang dihasilkan di luar negeri. Para petanipun kini sudah dilatih oleh peneliti dan diberikan peralatan yang mendukung untuk dapat memelihara dan memanen propolis yang berkualitas tinggi. Hingga saat ini ada 600 orang petani di Sulawesi yang bekerja di bawah pembinaan. Dengan adanya hal tersebut, diharapkan produk propolis Indonesia dapat menjadi tuan rumah di negara sendiri.



sumber : http://1health.id/id/article/category/sehat-a-z/khasiat-propolis-telah-teruji-secara-klinis.html

0 comments:

Posting Komentar

 
Copyright © The Indonesian Honey Bees