Jumat, 24 April 2015

Jenis-jenis Lebah di Indonesia

Indonesia merupakan daerah yang tropis dengan banyaknya sumber kekayaan alam dan hayati yang beraneka ragam, selain itu juga Indonesia mempunyai potensi yang sangat besar dalam pengembangan perlebahan dengan berbagai jenis lebah yang beraneka ragam.
Indonesia juga dikenal sebagai negara yang memiliki jenis lebah asli paling banyak di dunia. Jenis lebah asli tersebut yaitu :

1. Lebah hutan (Apis dorsata)

Jenis lebah ini merupakan jenis lebah yang belum dapat dibudidayakan, umumnya hidup secara alami di hutan Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan kepulauan Nusa Tenggara. Sampai saat ini lebah hutan merupakan jenis lebah yang penting bagi perlebahan Indonesia karena kontribusinya berupa produksi madu yang cukup tinggi, disamping itu kegiatan pemungutan madu lebah hutan merupakan salah satu peluang kegiatan bagi masyarakat di sekitar hutan.


Apis Dorsata, memiliki ukuran tubuh paling besar dengan daerah penyebaran sub tropis dan tropis Asia seperti Indonesia, Philipina dan sekitarnya. Penyebarannya di Indonesia merata mulai dari Sumatera sampai Irian.

2. Lebah Lokal (Apis cerana)

Apis cerana merupakan species lebah lokal yang umum dibudidayakan oleh masyarakat di pedesaan sebagai kegiatan sampingan. Meskipun produktifitasnya tergolong rendah, namun lebah ini sangat cocok dikembangkan untuk peningkatan kesejahteraan dan gizi masyarakat karena mudah diperoleh dan harganya relatif rendah.
Apis cerana, penyebar sampai Afghanistan, Cina maupun Jepang.


4. Lebah Kerdil/Kecil (Apis andreniformis )

Jenis lebah ini mirip dengan A. florea, dengan membuat sarang tunggal pada semak – semak. Produktivitas lebah ini tergolong rendah & kurang begitu ekonomis dilihat dari produksi madunya. Penyebaran lebah ini dilaporkan terdapat di Sumatera, Kalimantan, Jawa & Nusa Tenggara.





 5. Lebah Merah (Apis koschevnikovi)

Jenis lebah ini sedikit lebih besar dari A. cerana dgn warna bulu yang kemerahan, hingga kini belum diusahakan secara komersial dan penyebarannya
terdapat di Kalimantan & Sumatera.



6. Lebah Gunung (Apis nuluensis)

Jenis lebah ini juga masih menjadi perdebatan keberadaannya di Indonesia. Sejauh ini sudah dilaporkan keberadaanya di dataran tinggi Serawak, namun diduga terdapoat pula di Kalimantan. Ukuran lebah ini hampir sama dengan A. cerana.








7. Lebah Lokal Sulawesi (Apis nigrocincta)
 
Jenis lebah ini mirip dengan A. cerana dan hanya terdapat di Sulawesi, hanya warna tubuhnya lebih kuning.










8. Lebah Tanpa Sengat (Trigona spp)

Lebah ini merupakan lebah asli Asia dari genus trigona yang memiliki karakteristik spesifik yaitu madu yang dihasilkan mempunyai rasa asam namun tahan thdp fermentasi & bersifat jarang sekali hijrah serta harga produk madunya lebih tinggi dibandingkan dgn madu produk lebah genus Apis.
Lebah sendiri termasuk hewan yang masuk dalam kelas insekta famili Apini dan genus Apis. Spesiesnya yang banyak terdapat di Indonesia adalah Apis cerana, Apis Dorsata Apis Florea. Jenis unggul yang sering dibudidayakan adalah jenis Apis Mellifera.


Itulah beberapa jenis lebah yang ada di Indonesia, jenis-jenis lebah tersebut akan selalu ada apabila kita sebagai manusia juga ikut turut serta dalam melestarikannya terutama dengan menjaga alam agar habitat lebah tetap ada dan tidak punah karena rusaknya alam yang diakibatkan oleh ulah tangan manusia yang tidak bertanggungjawab.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © The Indonesian Honey Bees