Selasa, 17 Maret 2015

Mengenal Lebah Madu Trigona


MENGENAL LEBIH DEKAT PRODUK-PRODUK
LEBAH MADU TRIGONA

Oleh Muhamad Sahlan (Dosen UI)






Lebah merupakan hewan yang sangat istimewa, produk-produk yang dihasilkannya sangat bermanfaat bagi manusia. Tapi tahukah anda dengan lebah yang khas hidup di negara tropis seperti di Indonesia ini ? ukuran badannya lebih kecil dari lalat tapi masih lebih besar dari nyamuk. Menghasilkan madu yang relatif lebih asam dibandingkan dengan madu biasa. Biasanya membuat koloni di bekas-bekas bambu yang tidak terpakai, di batang-batang pohon yang sudah rapuh, serta banyak ditemukan di daerah yang dekat dengan hutan atau kebun-kebun yang luas. Dia adalah lebah Trigona, atau dalam bahasa Sunda terkenal dengan nama tewel, dalam bahasa Jawa klanceng atau lanceng. Gala-gala atau galo-galo (bahasa minang).
                                          Gambar 1. Sarang Lebah Trigona
Selain Madu yang rasanya lebih asam dibandingkan dengan madu dari jenis lebah yang lain (Apis melifera atau A. dorsata), lebah ini menghasilkan bahan baku propolis yang banyak apabila dibandingkan dengan ukuran sarang dan madu nya. Bahan baku Propolis dari lebah ini juga mudah untuk dipanen. Bisa dipanen kapan saja dan dipanen ketika panen madu. Kandungan propolis dari bagian luar disekitar koloni lebah berwarna hitam dan keras, sedangkan bagian bahan propolis pembungkus madu berwarna coklat kehitaman dan lunak. Ketika Madu diproduksi banyak oleh si Lebah, maka bahan baku propolis dari tempat madu diproduksi lebih banyak dibandingkan dengan propolis luar, begitu sebaliknya. Kandungan propolis dari bagian luar lebih tinggi sekitar 67% dibandingkan kandungan propolis pembungkus madu.



, 2013-11-26 10

Gambar 2. Bahan baku propolis dari
Sarang Lebah Madu Trigona



Selain madu dan propolis, Lebah Trigona ini juga menghasilkan bee bread atau disebut juga bee pollen, padatan berwarna kuning yang berada disekitar madu, rasa dari pollen sedikit asam, namun tidak seasam madunya. Selama ini produk ini jarang sekali dimanfaatkan, karena kesulitan untuk memisahkannya dengan lilin. Peternak dari Kab. Lombok Barat Berusaha membuat jus pollen, menjadi minuman yang sehat dan enak, minuman ini memiliki kandungan gizi yang tinggi dan memiliki khasiat yang baik bagi tubuh manusia. Tapi jangan kebanyakan karena akan menimbulkan efek mules-mules. Produk lain seperti royal jelly dan racun, belum menjadi andalan lebah ini.



IMG_20131106_174228.jpg

Gambar 3. Bee pollen Milk shake

Indonesia memiliki potensi yang besar untuk mengembangkan lebah jenis ini, karena mudah untuk diternak, modal usaha yang murah dan banyak sekali produk yang dihasilkannya. Salah satu daerah yang saat ini intensif mengembangkan lebah jenis Trigona ini adalah Lombok Barat, Lombok Timur dan Lombok Utara. Ada sekitar 100.000 stuf yang tersebar di seluruh pulau Lombok.






1 komentar:

  1. selamat pak...semoga perlebahan indonesia semakin maju...

    BalasHapus

 
Copyright © The Indonesian Honey Bees