Rabu, 18 Maret 2015

Makanan Pedas Untuk Kesehatan Kulit Anda

Selama ini kita selalu berprasangka bahwa makanan yang pedas tidak sehat untuk kesehatan kita. Tahukah anda ternyata bumbu-bumbu pedas banyak mengandung antioksidan. Antioksidan dapat berfungsi untuk menjaga kulit dari kanker dengan mengurangi efek inflammasi(radang kulit), mengurangi radikal bebas dan menjaga dari terbentuknya “Thymine dimer” yang disebabkan oleh sinar ultraviolet.

Jahe telah terbukti dapat menekan pertumbuhan kanker usus pada tikus. Kare, banyak mengandung kunyit dimana kunyit mengandung antioksidan yang sangat kuat dan telah terbukti dapat mengurangi tumbuhnya sel kanker. Selasih, kayu manis, cengkeh, pala, dan rempah-rempah lainnya telah terbukti memiliki aktivitas antioksidan yang tinggi.



Rempah-rempahRempah-rempah

Jangan khawatir, bahwa dengan memasak menggunakan bumbu-bumbu yang pedas, dapat mengurangi manfaat dari bumbu-bumbu pedas tersebut. Salah satu penelitian menunjukkan bahwa pemanasan pada bumbu-bumbu pedas pada suhu 180o C, selama 10 menit tidak mengurangi aktivitas antioksidannya. Bahkan fakta menunjukan, ketika pala dipanaskan, sifat antioksidannya malahan menjadi lebih kuat.

Antioksidan banyak sekali didapur kita. Minyak goreng, seperti minyak zaitun,dan minyak bunga matahari semuanya mengandung antioksidan. Selain itu antioksidan banyak terkandung didalam teh hijau, coklat hitam, kopi, buah almond, buah delima dan strawberry.

Dermatolog (para ahli kulit) telah berdiskusi mengenai nutrisi yang baik untuk kesehatan kulit. Aturan nutrisi, antioksidan dan penuaan kulit telah lama didiskusikan dan telah ditulis didalam buku “Cosmetic Dermatology”. Makanan yang mengandung banyak bumbu pedas dan buah-buahan adalah ide yang bagus untuk memerangi efek sinar uv dari sinar matahari. Namun, tetap jangan lupa menggunakan “sunscreen”.

Terjemahan dari Spice it Up: Nutrition for Skin Care.
Oleh Leslie Baumann, M.D. (Yahoo! Health Expert for Skin Condition)

1 komentar:

  1. memang benar admin rasa pedas yang berasal dari bahan alami seperti rempah- rempah sangat bagus untuk kesehatan kulit tidak seperti rasa pedas yang dari bahan kimia.

    BalasHapus

 
Copyright © The Indonesian Honey Bees